Jumat, 21 Desember 2007

Small House Lizard


Lets talk about Small house lizard alias Cicak,

Jadi inget lagu yang sering dinyanyiin anakku yang masih berumur 2 tahun,
Dan kebetulan ini lagu pertama yang dia bisa,
“Cicak cicak di dinding,
Diam-diam merayap
Datang seekor nyamuk,
Hap lalu ditangkap.”

Liriknya sangat sederhana, dan mudah sekali diingat bukan ?
Akan tetapi, ternyata tersimpan sebuah makna yang cukup mendalam.

Sebenarnya aku biasa tidur dengan lampu mati, akan tetapi malam itu, entah kenapa aku jadi asyik memperhatikan sosok seekor cicak di dinding.., jadi kubiarkan lampu menyala sepanjang malam.
Dia diem aja menempel di dinding kamarku.. dan selang beberapa menit Hap.. dia berhasil menangkap seekor nyamuk yang hinggap di dekatnya.
Beberapa kali aku amati, dia berhasil menangkap banyak nyamuk malam itu, walaupun takjarang juga banyak yang gagal ia tangkap.

Aku sejenak merenung dan berpikir
dan mari kita coba pakai nalar kita..
Apakah mungkin cicak yang hanya diam menempel di dinding bisa memangsa seekor nyamuk yang terbang kesana kemari dengan gesitnya.
Mungkin hanya nyamuk yang “putus asa” aja atau nyamuk yang ingin bunuh diri saja yang terbang mendekati nyamuk untuk dimakannya.
Tapi apakah juga pernah kita melihat seekor cicak terus jadi putus asa karena tidak bisa memakan nyamuk ? Padahal malam itu memang banyak juga dia mengalami kegagalan, akan tetapi dia tetap menanti dengan penuh harap dan tidak berputus asa

So What about us ???

Cicak hanyalah makhluk Allah yang lemah dan hampir tak berdaya karena hanya menempel di dinding, dan berbeda jauh sekali dengan kita Manusia yang dibekali berbagai alat indera, kemampuan dan juga akal pikiran.
Akan tetapi kenapa kita yang banyak putus asa terlebih dulu..
Banyak dari kita yang mengambil jalan singkat, seperti misal bunuh diri, karena ngga kuat menghadapi kenyataan hidup, dsb..
Astagfirullah ...

Begitu banyak rejeki dan kesempatan yang Allah berikan kepada kita, tapi terkadang kita lah yang kurang bisa memanfaatkan dan mensyukuri apa yang telah kita dapatkan.
Dan juga perlu kita ingat, bahwa Allah bersabda, Dia menciptakan kita dengan sudah dibekali tiga perkara, yaitu hidup-mati, rejeki dan juga jodoh..
Jadi janganlah kita cemas, karena tidak mungkin Allah menciptakan kita untuk kemudian membiarkan hambanya tidak berkecukupan.., akan tetapi tinggal lah kita yang seharusnya ber-pandai2 dalam meraih ridho dan rejeki dari Allah swt.


Wassalam

1 komentar:

Niken mengatakan...

Hari, bukannya yg suka nyanyi cicak - cicak di dinding itu kamu ? tulisanmu yang ini lumayan bagus, bahasanya udah OK, nulis lagi dong...(tapi ojo lali re-scheduling ), kalo ndak diamuk bu boss hehehe